Kamis, 03 Maret 2016

Bahaya mengunggah foto anak di facebook

Bahaya mengunggah foto anak di facebook. Bagi orang tua diharap jangan mengunggah foto anak anda di facebook. Sikap terlalu terbuka di media sosial facebook bisa berujung bahaya. Setidaknya hal itu yang diyakini kepolisian Perancis, utamanya jika berkaitan dengan anak.

Dilansir dari TheVerge, kepolisian Perancis mengimbau para orang tua berpikir dua kali sebelum membagikan foto atau video anak mereka ke Facebook.

Ada dua alasan yang melatarbelakangi himbauan itu, yaitu. Pertama, orang tua yang mengunggah foto atau video anak dinilai melanggar hak privasi anak, Kedua, sikap tersebut bisa memicu para predator seksual anak untuk melancarkan aksinya.

"Lindungi anak Anda," kata perwakilan kepolisian Perancis lewat sebuahpost di Facebook. "Anda bisa saja bangga terhadap anak. Tapi tetap harus hati-hati. Membagi foto anak-anak ke Facebook (atau media sosial lainnya) berisiko mendatangkan bahaya," begitu tertulis padapost yang sama.

Imbauan ini tak main-main. Kelak, menurut ahli hukum Perancis Eric Delcroix, imbauan tersebut bisa berubah jadi ketetapan hukum yang disertai sanksi jika melanggar.

Hal yang digarisbawahi adalah pelanggaran privasi. Saat ini pun, hukum privasi Perancis menyebut bahwa mempublikasikan foto seseorang tanpa meminta izin bisa dikenakan hukuman penjara dan denda 45 ribu euro (Rp 652 jutaan).

"Hukumnya jelas. Orang tua seharusnya melindungi foto anak-anaknya," kata advokat hukum internet di Perancis, Viviane Gelles.

Tidak ada komentar:
Write komentar